Memantau Keseharian Sang Gubernur Lewat Twitter

twiter aher

 

Bagaimana kita tahu keseharian seseorang? Karakternya, kegiatannya, integritasnya? Agak sulit sepertinya. Namun menurut Raditya Dhika dalam salah satu novelnya: Manusia Setengah Salmon melihat karakter seseorang tidaklah sulit. Novelis, MC dan stand up comedian ini menyarankan salah satu temannya yang diceritakan dalam novel tersebut agar melihat karakter seorang teman dekatnya dari kicauannya di twitter, ya twitter, dan ternyata memang benar, karakter orang tersebut tercermin dari kicauannya di twitter, sesuai.

Saat ini tidak hanya teman terdekat kita yang punya twitter dan bisa kita lihat karakternya, dosen, walikota, bahkan Gubernur pun bisa kita lihat kesehariannya lewat twitter. Salah satu Gubernur yang aktif di twitter adalah Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Saya membahas beliau selain karena saya kagum atas prestasinya yang sangat banyak saat memimpin Jabar, seringkali di pagi hari ketika saya membuka twitter, bahkan shubuh-shubuh pun beliau sudah beredar di linimasa. Apa yang beliau lakukan? Sebagian besar adalah menyapa rakyat Jabar, menanggapi langsung keluhan-keluhan mereka, me-retwit dukungan dan informasi serta menjelaskan beberapa hal yang masyarakat kurang paham, misal pembagian kerja dalam mengelola jalan, yaitu jalan Negara, jalan provinsi, jalan kabupaten dan sebagainya. Masalah jalan ini yang berulang-ulang warga tanyakan, namun beliau tetap sabar menjelaskannya walaupun sebelumnya sudah dijelaskan di linimasa beliau.

Agar lebih tergambar, mari kita rangkum linimasa beliau saat sedang aktif ngetwit. Dalam seminggu beliau tidak selalu aktif ngetwit, mungkin karena kesibukannya, akhir-akhir ini pun jarang update. Ini saya rangkumkan twit beliau sebulan lalu sebelum masa kampanye agar lebih netral dalam menilai. Tepatnya di tanggal 9 Desember.

  1. @aheryawan : “@WAKAFALAZHAR: Gubernur Jabar @aheryawan mewakafkan Rp50 juta dari uang pribadi gun… http://bit.ly/VGxFzd 
  2. @aheryawan :”@Dermayu_REMAJA: siang td @aheryawan bcrita ttg pnggembala yg tkut brbuat curang atas amanat yg diemban krn… http://goo.gl/fb/NzMYy 
  3. RT‏@irnamutiara:Wah ust favorit RT @percikan_iman:MPI insya Allah kdtangn tamu istimewa,Gubernur Jabar Bapak @aheryawan yang akan … http://m.tmi.me/C0TD4
  4. @aheryawan : Smg brmanfaat “@bundahaniya: Jazakallah pak @aheryawan atas taujih ba’da shubuh di al-hijri Bogor. Jadi semangat berniaga agar menjadi kaya”
  5. @aheryawan :Salam utk teman2 ya “@ikadamus: @aheryawan Assalamualaikum pak..salam dr kami IKADAMUS (Ikatan Pedagang Muslim) para pedagang kaki lima …”
  6. @aheryawan : Amiin, wa’alaikumsalam “@hanssajjah: Pagi paak @aheryawan dan bu @netty_heryawan ..assalamualaikum .. Semoga sehat slalu :)”
  7. @aheryawan : Aamiin yaa Allah “@percikan_iman: Semoga menjadi amal yg tiada terputus dan selalu dalam lindungan Allah @aheryawan
  8. RT @InfoGubJabar :Agenda #gubjabar @aheryawan (10/12) jm.08.30 pencanangan listrik pedesaan wil.bekasi dan purwasuka di lap.desa cikampek selatan, Karawang.
  9. RT @InfoGubJabar Agenda #gubjabar @aheryawan (10/12) jm.10.00 Meninjau Pabrik Pupuk Kujang, Jl.Ahmad Yani Cikampek, Karawang.
  10. RT @InfoGubJabar Agenda #gubjabar @aheryawan (10/12) jm.14.00 penyerahan DIPA thn anggaran 2013 oleh Presiden RI di Istana Negara Jakarta.
  11. RT @InfoGubJabar Agenda #gubjabar @aheryawan (10/12) jm.19 Pnyrhn penghargaan kpd Pembina Prog.PerlindunganTenagaKerja Trbaik PnerapanNormaJamsostek diBekasi
  12. RT @aheryawan Wilujeng enjing, salam “@helmi_jamhari: Wilujeun enjing ustad @aheryawan @aherdeddymizwar @AHER_DEMIZ saalam ti DPC Pasirjambu kab. Bandung”
  13. RT @netty_heryawan Keluarga pilar kekuatan bangsa kan ;)”@Feni_widya: Avanya Bunda @netty_heryawan so sweet,,,mesra sekali dgn @aheryawan ^o^…”
  14. @aheryawan : Wa’alaikumsalam, boleh “@nugie_lia: Assalammualaikum kang @aheryawan semoga senantiasa dalam lindunganNya. Jd pengen Qur’an nya juha, hehe”
  15. @aheryawan: Smg lancar”@iqbal_ibang7: @aheryawan assalamualaikum, pa sya pljar dri tsikmalaya, hri ini ujian pak mhon doanya ya pak untuk UAS hri ini.”
  16. @aheryawan : Ketika ada yg underestimate terhadapku aku akan berdoa: “Ya Allah jadikanlah aku lbh baik dari apa yg mereka sangka” #doa
  17. @aheryawan : Jika ada yg overestimate kepadaku maka aku akan berdoa: “Ya Allah ampunilah aku dari apa yg tdk mereka ketahui dariku” #doa

Begitu twit-twit beliau di hari itu, dari pagi hingga malam hampir semuanya tentang rakyat Jabar. Yang positif diretwit, yang minta tanggapan ditanggapi dan bila ada yang bertanya, sekalipun dengan nada negatif beliau bersedia menjelaskan. Mungkin benar juga teori Raditya Dhika, lihatlah karakter seseorang dari twitternya. Menanggapi mention rakyat tidaklah lama, paling juga hanya beberapa detik dan bisa dilakukan sambil dalam perjalanan atau di sela-sela waktu luang. Dengan twitter seorang pemimpin bisa langsung mendapat masukan, saran dan keluhan dari rakyat, bisa juga pujian atau sebaliknya kritikan. Kedepan, semoga lebih banyak pejabat di Indonesia yang memanfaatkan media sosial untuk mengetahui apa yang sebenarnya rakyat rasakan dan inginkan.

Sumber gambar: blogs.independent.co.uk; pkskabbandung.com

One response to “Memantau Keseharian Sang Gubernur Lewat Twitter

  1. Ping-balik: Memantau Keseharian Sang Gubernur Lewat Twitter | Kang Aher·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s