Lingkar Nagreg, Begitu Mempesona

nagreg

Pernahkah anda melewati jalur selatan jawa? Karena kampung saya di Wonogiri, sebelah Solo, kampungnya Jokowi. Dan saya kuliah di Bandung, maka saya sering lewat sana. Dulu, saat pulang kampung apalagi pas lebaran ada beberapa titik kemacetan yang menyebalkan, diantaranya Cileunyi, Nagreg dan Jalan kecil di daerah Cilacap. Sekarang saat saya baru saja lulus, ternyata sudah banyak berubah. Salah satu yang menarik adalah lingkar Nagreg.

Saya pernah sekali ke Bandung naik motor dan melewati lingkar Nagreg di pagi hari, pemandangan yang indah, apalagi di bawah terowongan itu, saya berhenti sejenak untuk berfoto. Lingkar Nagreg yang mulai dibangun sejak tahun 2007 ini memang suatu langkah yang bagus yang dilakukan pemerintah Jawa Barat. Kemacetan di Nagreg dapat teratasi, di sepanjang jalan juga terdapat pedagang-pedagang yang mencari penghidupan baru. Menurut saya jalan yang dibuat dengan memangkas gunung ini tidak hanya bisa digunakan sebagai jalan, tapi juga bisa jadi objek wisata. Bagus sekali soalnya pemandanganya.

Karena pembangunan lingkar Nagreg ini juga Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mendapat penghargaan dari kementrian pekerjaan umum. Selain pembangunan lingkar Nagreg ini, beliau juga mendapat berprestasi di bidang infrastruktur yaitu atas pembangunan jalan lingkar sukabumi dan waduk Darma, rehabilitasi jalan sepanjang 613.697 km dan rehabilitasi jembatan sepanjang 2.564 km. Berita terbaru, seperti dikutip oleh http://www.sumedangkab.go.id kang Aher (sapaan akrab Ahmad Heryawan) juga akan membangun jalan tol dari Cileunyi – Sumedang – Dawuan sepanjang 60,11 km. Ini memang diperlukan karena daerah itu mulai rame dan sering terjadi kemacetan. Pembangunan terbagi dalam 6 segmen yaitu,

1. Cileunyi–Tanjungsari : 9,80 Km
2. Tanjungsari–Sumedang : 17,51 Km
3. Sumedang-Cimalaka : 3,73 Km
4. Cimalaka-Legok : 6,96 Km
5. Legok-Ujungjaya : 16,35 Km
6. Ujungjaya-Kertajati : 4,00 Km

Tol ini diberi nama tol Cisumdawu, singkatan dari daerah yang dilaluinya. Semoga ke depan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat tetap terdepan dengan berlanjutnya program-program pemerintah Jawa Barat. Suatu lompatan yang besar dibanding gubernur sebelumnya, semoga terpilih kembali kang Aher di pilgub Jabar 2013. Buat pesona-pesona baru di bidang infrastruktur setelah lingkar Nagreg yang begitu mempesona.

One response to “Lingkar Nagreg, Begitu Mempesona

  1. Ping-balik: Lingkar Nagreg, Begitu Mempesona « Cikopo Ways·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s