Kesederhanaan

2 hari ini saya libur KP, jadi punya lebih banyak waktu untuk nulis. Satu hal yang unik yang saya temui dalam perjalanan dari Wonogiri ke Bandung habis lebaran tahun lalu. Karena saya balik ke Bandung naik motor, jadi bisa memfoto setiap momen dan tempat yang dilalui, ini salah satunya.

Ya ini adalah kantor DPD kulon progo sebuah partai, kayu biasa dengan genting khas jawa yang dicat kuning. Kesederhanaan, ya kesederhanaan. Dengan gaji anggota dewan atau banyaknya kader partai tentu mereka bisa buat gedung yang bagus, namun ternyata gedung mereka seperti ini. Bagaimana cara agar para pemimpin politik untuk membaur dengan rakyat inilah yang sering dilupakan. Bukan untuk cari muka atau untuk tebar pesona, tapi untuk menjaga sikap kesederhanaan, bahwa politikus pun bagian dari rakyat, saat rakyat memang belum bisa sejahtera, maka hidup sederhana bersama mereka adalah satu kesatuan yang sangat harmonis. Bukan sebaliknya, banyak rakyat tidak bisa makan, pejabat negara malah menghambur-hamburkan uang. Berhemat, sederhana dan tidak bermegah-megahan, tidak berarti miskin, karena hidup sederhana adalah sebuah gaya hidup bukan kondisi sengsara. Semoga ada anggota DPR atau pejabat yang membaca tulisan ini.

1.  Bermegah-megahan Telah melalaikan kamu, 2.  Sampai kamu masuk ke dalam kubur. 3.  Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), 4.  Dan janganlah begitu, kelak kamu akan Mengetahui. 5.  Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, 6.  Niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, 7.  Dan Sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin. 8.  Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).

(At Takatsur 1-8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s