RCDC Bandung Raya #part 1

Cerita ini bermula pertengahan tahun lalu, ketika saya dan beberapa mahasiswa ITB, Unpad dan UPI ditugaskan untuk ikut pelatihan riset dan community development di UIN Yogyakarta. Ada adjie, shabrina, nadiyatur, andri, dea tantyo dan satu lagi anak UPI saya lupa hehe. RCDC atau Research and Community Development Center, sebuah program dibawah bidang RI dan PI MITI Mahasiswa Indonesia untuk mengaplikasikan riset dalam pengembangan komunitas. Sejenak memang mirip dengan banyak kegiatan mahasiswa yang lain. Namun kini, visi tim ini sudah berbeda, jauh berbeda, bahkan dari apa yang ditugaskan MITI-Mahasiswa sekalipun. Membuat Indonesia mandiri dengan community development bukan hal yang mudah dan sebentar tapi itu visi kami sekarang.

Saat itu kami datang ke training sore hari, rencana jam 5, tapi ternyata jalan macet dan kami ketinggalan bis, maka bis berikutnya yang kami tumpangi sekitar jam 7. Ya sudah kami nunggu di terminal cicaheum yang penuh bis antar propinsi itu, menuju magrib, kami pun ke mushola deket terminal. Sambil nunggu eh ketemu sama anak ITB juga, dia mau back packing katanya, memang dunia itu sempit, saya sering kali ketemu sama orang yang saya kenal di tempat dan waktu yang tak terduga.

Akhirnya setelah makan gorengan, ngobrol dan sholat magrib kami berangkat naik bis. Cicaheum macet sekali saat itu sehingga bis harus muter-muter dulu satu jam-an. Alhamdulillah lolos juga dari macet, kami berangkat. seperti biasa pakaijalur selatan, lewat garut, ciamis, tasik, cilacap, banyumas, kebumen, purworejo dan terminal Giwangan jogja!

Dari sana kami langsung naik bis trans jogja, satu hal yang menarik di transportasi  jogja, hampir tidak pernah macet! dengan jalan-jalan yang lebar dan tidak ada angkot, konsep yang bagus. Sampai di UIN kami salah masuk gerbang hehe, padahal di sebelahnya harusnya, lalu dijemput dan di simpen dikosan temen2 jogja, sebagaimana yang saya alami saat berkunjung ke universitas lain, kami selalu disambut ramah, “dikasih” kosan dan senyum seperti saudara, ya inilah ukhuwah, hal yang sama yang kami lakukan dulu saat Gamais ITB menerima tamu. acara training akan segera mulai, maka tanpa inget lelah kami langsung mandi, “dandan” dan sarapan, lalu menuju UIN jogja untuk training hari pertama RCDC, bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s