Finally, S.Farm.

Tingkat 4 saya serasa hampir gila (pembuka tulisan yang aneh hehe). Kenapa? Karena ternyata banyak hal tak terduga saat tugas akhir, sehingga saya sampai bingung mengatur waktu. Sebenarnya kalau hanya tugas akhir saja tentu mudah ( walau banyak orang juga stress hanya dengan mengerjakan TA). Namun di tingkat 4 ini saya mengambil amanah dan mau tidak mau harus mengambil beberapa amanah yang ternyata cukup sulit untuk berbagi waktu.

Beberapa hal yang saya lakukan sembari mengerjakan TA: Lomba riset tanoto foundation, Lomba Climate Smart Leaders, Lomba Inovasi ITB, Program Wirausaha Mahasiswa, Ngajar bimbingan belajar, megang dua kelompok mentoring, ikut Seleksi Unilever Future Leadership Program (UFLP), ikut I-Taste Kraft Food, start up wirausaha, Jadi asisten praktikum di 3 laboratorium, aktif di kelompok riset & comdev se Bandung di bawah MITI, juga beberapa amanah “internal”. Banyak? ya, memang banyak. Makanya saya hampir gila karena harus mengerjakan semunya, sebenarnya dulu cukup optimis bisa mengerjakan semuanya dalam satu waktu. Namun ternyata tugas akhir mengubah segalanya, mulai dari judul TA yang harus nyari sendiri, bolak-balik ke perpustakaan, nyari topik, buka-buka jurnal namun tidak juga disetujui topiknya, malah disuruh ngerangkum buku tentang analisis kimia, metode yang salah, percobaan yang gagal terus, dosen yang bagi saya bukan menjadi dosen pembimbing namun dosen pengkritik, banyaklah. Intinya TA bagi S1 mending nyari dosen baik yang sudah punya topik, biasanya dari proyek.

Finally, TA selesai sudah, walau saya dan dosen saya sepakat bahwa TA saya belum pantas untuk membuat saya menjadi sarjana, karena belum maksimal. Ada dua saran penting yang ingin saya berikan, pertama pastikan TA S1 kita mudah, dengan dosen yang mudah. Jika mau TA yang susah, jangan sampai terjebak dalam banyak amanah, tolak saja semua amanah yang diberikan, satu atau dua amanah saat megerjakan TA itu sudah cukup. Selamat mengerjakan TA!!!

2 responses to “Finally, S.Farm.

  1. untung saya pilih dosen yang punya proyek😀
    beliau pernah bilang, “Kalian cepet2 lah lulus S1. Kalo mau lebih lama menikmati kampus dan dunia riset, nanti saja pas S2 dan S3”

Tinggalkan Balasan

