Pendapat Manakah yang benar?

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG–Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring menegaskan, pihaknya melarang masyarakat mengambil atau mengunduh lagu dari internet karena melanggar hak cipta. Tifatul Sembiring kepada wartawan di Palembang, Selasa, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak mengambil lagu di internet bila tidak ada izin dari penciptanya.

Menteri Kominfo hadir ke Sumsel dalam serangkaian safari Ramadhan sekaligus melaksanakan silaturahmi dengan Gubernur H Alex Noerdin. Sebelumnya, menteri melaksanakan kunjungan ke salah satu Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, selanjutnya berkunjung ke rumah dinas Gubernur Sumsel.

Dia mengatakan, larangan itu supaya pencipta tidak dirugikan karena sekarang lagu yang beredar melalui internet tersebut banyak diambil masyarakat tanpa sepengetahuan sang pencipta. Ini berarti merugikan para pencipta sehingga pihaknya melarang masyarakat mengambil lagu tersebut bila tidak diizinkan.

Dia mengatakan, begitu juga nantinya pencipta lagu tidak memasang tarif terlalu besar bila ciptaannya diambil. “Tarifnya bisa saja hanya senilai Rp 1.000 per lagu dan itu tidak akan memberatkan masyarakat,” kata menteri.

Sehubungan itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak mengambil lagu dari internet. Menurut menteri, dalam enam bulan ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, larangan tersebut karena sekarang undang-undang mengenai hak cipta sudah ada sehingga pelarangan tersebut cukup beralasan.

Itu petikan berita yang saya kutip dari situs Yahoo Indonesia, lalu coba kita lihat komentar-komentar dari pembaca. Berikut saya lampirkan

ya yang terakhir itu komentar saya. Dari komentar yang ada saya hanya melihat, bahwa bangsa ini sekarang perlu benar-benar belajar cara membedakan mana benar mana yang salah. Termasuk saya sendiri, karena ternyata banyak hal salah malah dianggap benar karena sudah sering dilakukan. Mengambil milik orang lain salah atau benar? ternyata masih banyak orang yang tidak setuju kalau itu hal yang salah. Memang bangsa ini perlu orang-orang yang senantiasa menyampaikan kebenaran tanpa kenal lelah.

Disadur dari : http://id.berita.yahoo.com/melanggar-hak-cipta-menkominfo-larang-masyarakat-unduh-lagu-140232298.html

One response to “Pendapat Manakah yang benar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s