Tips sukses skripsi/TA

Tugas akhir atau skripsi buat beberapa Universitas favorit memang jadi satu hal krusial, tidak boleh asal-asalan, harus punya manfaat, harus dipastikan ada hal baru yang ditemukan dsb. Bahkan banyak temen2 saya bilang (termasuk saya) keluar ITB jauh-jauh lebih susah daripada masuk ITB. Padahal buat temen2 kita yang ga keterima di ITB selalu bilang masuk ITB sangat susah. Kenapa keluar ITB lebih susah? Yup! Karena mereka belum tahu tips2 bagaimana agar TA lancar.

Saya dulu adalah salah satu orang yang menggampangkan TA dan idealis pengen TA saya adalah murni berawal dari hasil pemikiran saya. Karena toh saya pernah ikut lomba penelitian, bahkan salah satunya menjadi juara. Makanya saat yang lain milih2 dosen (ngetag) saya santai-santai saja, dalam hati berkata, siapapun dosennya akan saya terima, mending dapet dosen yang susah sekalian biar jadi tantangan dan pengembangan diri. Saya rasa mindset ini yang harus temen2 hindari bila nanti TA. Stress, pekerjaan lain terbengkalai, bingung sendiri etc akan jadi hal yang temen2 dapatkan bila menganggap TA itu mudah (*curhat ^_^).

Ga nakut2in lho, hehe. Tapi memang begitu kondisinya bila salah langkah di awal

Karena itu saya ingin berbagi tips nih biar nanti TA temen-temen lancar

1. Pilih dosen yang punya proyek yang bisa buat TA
Penelitian S1 adalah penelitian tahap belajar, mungkin banyak yang baru sekali melakukan penelitian. Jadi biar lancar minta saja topik ke dosen, biasanya dikasih proyek. Apa untungnya? Pertama anda jadi tidak perlu mencari topic sendiri sehingga tidak perlu bolak-balik berbulanbulan nyari topic karena ditolak dosen terus, kan dari dosen topiknya. Kedua, anda tidak perlu keluar biaya, biasanya topic dari dosen sudah ada dananya, kalaupun belum ada dana, bahanbahan yang diperlukan biasanya sudah tersedia . Saya rasa ini tips paling utama bila mau sukses TA. ^_^. Kalaupun ga dapat dosen yang seperti itu usahakan kompetensi dosen memang sesuai dengan topik TA yang kita ambil, karena setiap dosen walau satu KK ternyata punya fokus bidang penelitian masing-masing.

2. Kerjakan sesegera mungkin, as soon as possible
Beberapa orang karena mungkin ada aktivitas organisasi, bisnis dsb memulai TA 1 dan TA 2 lebih lambat. Mungkin ini pilihan sih, tidak apa-apa bila memang ada alasan yang benar untuk pencapaian hal besar. Namun tetap saja sebisa mungkin TA jangan dilupakan. Kebayang ga bila temen2 yang lain sudah beres TA sedangkan kita baru 20% ? sendirian di lab, melihat yang lain seminar dan sidang etc. Bisa saja ada perasaan merasa sendiri, sepi, sunyi, seperti sebatang kara di bumi (*lebay :p). Intinya lebih enak bila bisa bareng-bareng yang lain.

3. Usahakan dapat pembimbing dosen senior !
Selain sudah banyak pengalaman, beliau2 adalah orang yang dihormati, jadi kalau ada apa saat seminar maupun sidang, kita bisa dibantu. Gapapa oportunis dikit

4. Banyak nanya
Jurnal-jurnal yang kita punya tidak cukup untuk menghasilkan TA yang baik, harus sering-sering konsultasi ke dosen, Tanya ke temen-temen lain yang berghubungan topiknya dsb. Dosen pembimbing memang harus ditemui minimal sepekan sekali lah, biar tahu progress kerja kiTA. Saya pernah mau makai metode analisis yang ada di Farmakope Indonesia IV, sebelumnya saya konsultasikan ke dosen dan ternyata metodenya dikoreksi ( FI IV pun ada salahnya ?)

Kayaknya sih banyak tips-tips lain, tapi menurut saya hal-hal diatas yang paling penting. Silakan kalau ada yang mau menambahkan…semoga bermanfaat…Karena kebahagiaan adalah bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya.

ada tweet menarik dari kenalan saya

masarmy : Akhirnya hikmah yg bs dpetik: pilihlah dosen tugas akhir yg tdk killer sejak dini. Pilih topik yg tdk mnyusahkan diri sendiri. Cc : @itweetb

3 responses to “Tips sukses skripsi/TA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s