Benarkah kegagalan adalah awal kesuksesan?

Pernahkah anda melihat atau mendengar pepatah bahwa kegagalan adalah awal kesuksesan? Setujukah anda? Lantas mengapa ada orang yang gagal terus? Atau setidaknya gagalnya jauh lebih banyak daripada suksesnya? Kemudian ada orang juga yang sukses terus, atau setidaknya kesuksesannya jauh
lebih banyak daripada kegagalannya? Tentu secara logika kita sepakat, jika memang pepatah itu benar bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan tentu didunia ini akan dipenuhi dengan orang sukses bukan? Pasti semua orang hidup bahagia, hidup sejahtera tanpa ada orang yang merundungi nasibnya. Yah menurut saya pepatah yang benar harusnya “ kegagalan adalah awal dari kesuksesan bila anda benar-benar tahu penyebab kegagalan itu dan memperbaikinya”

Misal gampangnya saat dulu kita SD ada sebagian dari temen-temen kita yang nilai ulangan hariannya dapat jelek (gagal) dan itu terus berulang sampai lulus SD. Teman-teman yang saya kenal bukannya belajar lebih keras, banyak nanya, banyak baca dan sebagainya, mereka tidak belajar dari kegagalan. Tapi malah men-judge diri mereka, yah kemampuan saya memang hanya bisa seperti ini bahkan jadi malas belajar. Bandingkan dengan Einstein yang saat kecil dikenal bodoh namun setelah dewasa menjadi ilmuwan hebat.

Pun saat kita melihat peristiwa penemuan lampu pijar dan pesawat terbang, atau perusahaan KFC. Jelas ada sebuah kegiatan belajar dari kegagalan yang mereka lakukan. Pertama harus ada analisis, mengapa saya sekarang gagal? Bagian mana yang kurang ? kemudian mereka bereksperimen lagi dengan solusi-solusi yang mereka ciptakan sendiri.

Jadi jangan pernah menghibur diri dengan pepatah bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan atau pepatah kegagalan adalah pelajaran paling berharga bila anda tidak benar-benar belajar dari kegagalan anda. Karena sebenarnya bagi saya lebih tepat pepatah bahwa kesuksesan adalah awal dari kesuksesan yang lain yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s