Farmakologi 2

Buat anda yang kuliah di jurusan Farmasi atau Kedokteran tentu tidak asing dengan ilmu yang satu ini, Farmakologi. Ilmu yang memfokuskan pada pengaruh obat terhadap tubuh dan sebaliknya. Anda tahu ada berapa organ atau system organ dalam tubuh kita? Lalu setiap organ mempuyai berapa macam penyakit? Lalu dari setiap peyakit ada berapa kelompok golongan obat? Da setiap golongan ada berapa nama obat? Mekanismenya, efek sampingnya, kontraindikasinya dsb?. Ya sebanyak itu harusnya yang anda hafal saat belajar farmakologi. Bisakah?

Coba anda hafalkan 50 nama obat beserta mekanisme kerjannya saja. Sebenarnya bisa sih, saya rasa 2 hari cukup untuk menghafal materi UAS farmakologi. Namun saat UAS ada saja yang lupa, ketukar (karena namanya mirip) atau kejebak oleh soal-soal jebakan. Setahun yang lalu saya mengikuti UAS Farmakologi 2 di Farmasi ITB. Kebetulan beberapa UAS hafalan saya tidak belajar lama, karena pilihan ganda jadi jawaban biasanya bisa dianalisa dari soal. Makanya saat itu saya yang masih menjadi sekretaris jendral Gamais ITB santai-santai saja. Hari-hari sebelum UAS saya gunakan untuk aktivitas ekstrakurikuler, bahkan malam hari sebelum UAS saya malah rapat sampai larut malam. Saat itu untuk persiapan aksi dukungan terhadap Palestina, dimana tahun 2010 kemarin Palestina diserang Israel. Saya sudah membuat alarm untuk bangun jam 3 pagi, setidaknya baca-baca sedikit. Tapi ternyata jam 5-an baru bagun! Bagaimana bisa materi yang harunnya dipelajari selama dua hari sekarang hanya punya waktu satu jam?

Singkat cerita saya keluar paling awal saat ujian itu, lalu bergabung bersama teman-teman FSLDK bandung raya untuk aksi. Keluar paling awal bukannya bisa mengerjakan, tapi sama sekali tidak tahu harusnya mengerjakan apa. Akhirnya saya dapat nilai E di mata kuliah itu, nilai satu-satunya yang kudapat selama kuliah. Dan IP pun turun sampai 1,1 poin dari 3, 3 di semester sebelumnya jadi 2,2 di semester itu, untung IPK masih diatas 3. Hahaha, cukup miris juga, tapi tidak mengapa, saya tetap bersyukur, pasti ada hikmah dibalik sebuah kejadian. Karena itu, tadi baru saja saya mengikuti UAS Farmakologi 2 untuk yang kedua kalinya. Saya belajar sekitar 1,5 hari (18 jam) untuk persiapan UAS ini. Walau kemarin saya juga tidak belajar karena ikut seminar GEMA ITB 2011. Cukup bisa sih, semoga kali ini lulus ^^

Sebenarnya apa sih pesan yang mau disampaikan? (jangan2 yang baca pada ga tahu) 

  • Buat anak-anak farmasi ITB Jangan main-main dengan Farmakologi 2 haha, farmakologi 1 dan 3 mungkin mudah, tapi dosen kita di farmakologi 2 ini buat soalnya luar biasa 
  • Yang lain silakan cari aja sendiri pesanya apa

ini saya lampirkan rangkuman UAS Farmakologi 2 saya ^^

UAS Farmol

Tinggalkan Balasan

