Mu’ahadah

Dalam buku tarbiyah ruhiyah dijelaskan bahwa dalam menumbuhkan taqwa ada faktor-faktor penting yang harus dilakukan. Salah satunya adalah Mu’ahadah (mengingat perjanjian). Kalimat ini diambil dari firman Allah swt :

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji….”, (An-Nahl: 91)

Cara Mua’ahadah

Hendaklah seorang mu’min berkholwat antara dia dengan Allah untuk introspeksi diri seraya mengatakan pada dirinya, ” Wahai jiwaku, sesungguhnya kamu telah berjanji kepada Rabb-mu setiap hari disaat kau berdiri membaca”.

“Hanya kepada Engkau kami beribadah dan hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan”

Wahai jiwaku, bukankah dalam munajat ini engkau telah berikrar tidak akan berhamba selain kepada Allah, tidak akan minta pertolongan selain kepadaNya. Tidakkah engkau telah berikrar untuk tetap berkomitmen kepada Shiratal Mustaqim yang terbebas dari kerumitan dan liku-liku perjalanan…Tidakkah engkau telah berikrar untuk berpaling dari jalan orang-orang sesat dan dimurkai Allah?

Kalau memang demikian, hati-hatilah wahai jiwaku. Janganlah engkau langgar janjinu setelah Dia engkau jadikan sebagai pengawasmu. Janganlah engkau mundur dari jalan yang telah ditetapkan oleh Islam setelah engkau jadikan Allah sebagai saksimu. Hati-hatilah jangan sampai engkau mengikuti jalan orang-orang yang sesat dan menyesatkan setelah engkau jadikan Allah sebagai penunjuk jalan.

Hati-hati wahai jiwaku, jangan engkau ingkar setelah beriman, jangan tersesat setelah engkau mendapat petunjuk, janganlah engkau menjadi fasiq setelah beriltizam…barang siapa melanggar maka akibatnya akan menimpanya.

” Sesungguhnya tidak akan memikul dosa orang lain. Dan kami (Allah) tidak akan menurunkan azab kecuali setelah mengutus seorang utusan (rasul)”

*Cara bacanya seperti berbicara pada jiwa kita sendiri, jika belum maka ulangi dan renungi setiap kalimatnya

Semoga bisa menjadi renungan dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s