Sekjen G-2010

Setahun bukanlah waktu yang lama untuk beramal

Maka maksimalkan segala kesempatan yang ada

Jika rugi dan celaka bukanlah pilihan

Maka tidak ada pilihan lain selain menjadi lebih baik!

Empat kalimat yang terinspirasi dari hadits Rasul diatas adalah motto saya dalam beraktivitas di kampus.  Ya, menjadi lebih baik dari tahun lalu adalah suatu keharusan. Walau kadang harus dipenuhi dengan kerja keras bahkan mengorbankan hal lain. Dalam berorganisasi di kampus, setidaknya ada tiga tempat yang saya pernah fokus didalamnya. Kamifa sebagai ketua, Himpunan sebagai kadiv, dan Gamais sebagai sekjen. Lebih baik atau tidak tentu orang lain yang menilai, yang jelas saya punya target itu, silakan dinilai bagaimana keberjalanannya.

Amanah formal terakhir sampai saat ini adalah sekjen Gamais, kinerjanya difokuskan dalam mengurus LDF/S dan LDPS. Beberapa hal yang menjadi sebuah kemajuan buat saya adalah,

  • Adanya mabit kepala LDW, disana juga ada taujih dari ustad pada awalnya dan mabit pada akhirnya. Saya berharap dengan adanya mabit ini, kepala LDW dapat me-recharge ruhiyah, semangat, motivasi dan sejenisnya dalam mengemban amanah sebagai ketua LDW.
  • Mulai digunakannya konsep koordinasi blueprint, yaitu Gamais pusat berhubungan langsung dengan  LDPS dibawahnya. Tahun 2010 memang inisiasi dan pemakaian konsep ini seperti “dipaksakan” . Maka tugas tahun 2011 adalah menyetabilkannya.
  • Adanya acara kekeluargaan yang rutin untuk kader-kader wilayah. Sebenarnya satu masalah besar di Gamais adalah banyak kader di wilayah yang tidak mengenal satu sama lain sehingga ukhuwah tidak terjaga dan banyak yang antipati dengan dengan kegiatan di luar LDW nya sendiri. Makanya temu kader terpusat dan Gamais futsalista yang pernah ada di 2010 seharusnya bisa menjadi solusinya. Tinggal dimaksimakan pesertanya.
  • Sekolah LDW sebagai penyiapan pengurus inti LDW. Yup, pengurus inti harus disiapkan dengan istimewa. Konsep tahun ini sekolah LDW sebenarnya hanya memberikan hal-hal dasar dalam langkah LDW. Selanjutnya seharusnya diteruskan dengan Sekolah LDW di masing-masing fakultas. Keberjalanan tahun ini kurang efektif, silakan cari strategi agar tahun depan lebih efektif.
  • Standardisasi masa regenerasi, sebenarnya kesepakatan bahwa pergantian pengurus itu Desember 2010 sudah disepakati sejak muktamar madani di Januari.  Dan rangkaian penyiapan pengurus LDW sudah pengurus itu Desember 2010 sudah disepakati  juga dimulai dari bulan Agustus 2010. Terbayang bila semua kepala LDW benar-benar melaksanakan kesepakatan ini tentu regenerasi 36 LDW yang ada dapat dilakukan bersama dan semuanya bisa satu suhu. Kondisi SDM buat saya bukan masalah, karena mau regenerasi sekarang atau tiga bulan lagi, calon pengurusnya juga masih orang yang sama, tidak akan nambah satu orang pun yang turun dari langit. Hanya yang jelas beda masa penyiapannya. Bila kita punya target Desember semua kepala LDW ganti, seharusnya semua LDW juga patuh untuk mempersiapkannya sejak Agustus. Nah hal ini yang membuat saya kecewa dengan kepala-kepala LDW, banyak yang bersantai-santai sehingga pada waktunya pergantian pengurus mereka bingung. Saya pernah aktif di LDW sebagai ketua dan dua kali mengurus suksesi LDW dan itu bisa berjalan lancar. Ya memang semua terletak pada ketua LDW nya, bila ketua bagus dan amanah maka LDW akan berjalan lancar, bila tidak ya sebaiknya. Sekali lagi kualitas dan kuantitas SDM bukan masalah, yang menjadi masalah  adalah bila kita tidak bisa memanfaatkan SDM yang ada.

Selain poin-poin diatas, ada juga roadshow pengurus gamais pusat yang baru ke wilayah diawal kepengurusan, hal ini penting untuk memberikan sentuhan awal terutama LDW yang belum begitu dekat dengan pusat. Agenda-agenda selebihnya adalah meneruskan tahun lalu seperti MUSPIM, LPKW, levelisasi dan sebagainya. Silakan diambil apa yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s