Lagi-lagi Korupsi (lagi?)

Jum’at 10 Desember 2010 ba’da magrib dua stasiun TV yang cukup fokus pada berita nasional ternyata sama-sama membahas satu hal, yaitu korupsi. Korupsi, menjadi topik yang tak hentinya menghiasi keberjalanan bangsa ini, pun setelah reformasi. Bahkan bagi saya terasa seperti sinetron atau drama yang ceritanya tidak ada hentinya, seperti sinetron tersanjung kali ya yang sampai 8 edisi. Penonton dan masyarakat telah bosan namun ceritanya tak kunjung berakhir.

Saat itu satu TV membahasa kasus Gayus dan satu lagi mendiskusikan satu kasus lagi yang baru muncul : dugaan suap di MK. Aneh memang, banyak sekali kasus korupsi yang diungkap namun pernahkah anda mendengar kasus itu selesai? Atau tersangkanya terbukti dan diberi hukuman yang setimpal? Sangat jarang kita mendengarnya. Kebanyakan kasus muncul lalu tertutup lagi oleh kasus lainnya. Saat ini bisa saja kasus Gayus kembali hilang dan tertutupi kasus suap di MK ini. Dan yang lebih aneh lagi adalah saat ini pejabat di lembaga-lembaga yang seharusnya menjadi penegak hukum malah menjadi tersangka dalam kasus korupsi sendiri. Polisi sudah jelas dari dulu bahwa suap-menyuap bukan hal yang tabu lagi, bahkan hakim MK dan Pimpinan KPK pun juga tersangkut kasus ini. entah benar atau tidaknya, yang jelas kondisi semacam ini seharusnya tidak terjadi di lembaga-lembaga penegak hukum.

Kondisi moral pejabat hukum Indonesia telah semakin parah. Seharusnya pemerintah mengambil tindakan tegas akan hal ini. Saya terinspirasi tindakan Hongkong dalam memerangi mafia hukum : memecat semua pejabat hukum sampai polisi terendahnya lalu melakukan perekrutan ulang dengan seleksi yang ketat. Saya rasa langkah semacam ini juga harus dilakukan Indonesia. Satu pertanyaan retoris jika kondisi semacam ini tidak secara tegas diperbaiki ; Bagaimana mungkin hukum dapat ditegakkan, sedangkan penegak hukumnya adalah para pelanggar hukum? Silahkan renungkan, bapak-bapak penegak hukum Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s