Sepekan ini begitu melelahkan

Sepekan ini begitu melelahkan, sering kali terpikirkan bahwa jurusanku tidak cocok denganku. Jurusan yang selalu menuntut akademik yang menyita waktu. Tidak cocok untuk aktivis organisasi. Sejak Ahad 31 Oktober sampai hari ini terasa begitu melelahkan, hampir tidak ada waktu tersisa untuk istirahat. Jangankan main game, nonton,  jalan-jalan atau hal-hal ringan lainnya, tilawah saja tidak mencapai target. Tahfidz, menulis, belajar bahasa, mengerjakan TA, nerusin bisnis, sampai belajar slide kuliah pun tidak terlaksana, padahal seharusnya hal-hal itu kulakukan.

Sejak Ahad kemarin setelah dari jumat dan sabtu hadir di pelantikan kader muda gamais dimana tidur dinomorduakan, akhirnya pulang. Pulang bukan untuk istirahat tapi untuk rapat. Setidaknya ada 1 ½ jam untuk membalas rasa kantuk. Rapat agenda internal itu selesai menjelang Magrib. Setelah magrib Alhamdulillah masih bisa sedikit tilawah dan nyari data SPS yang ditugaskan si ketua tim, nambah satu lagi data terkumpul. Isya’, pulang n download semua data yang perlu di warnet, makan, baca-baca notulen rapat-rapat, bikin TOR acara 3G GAMAIS dsb sampai akhirnya jam 10-an tidak kuat lagi karena kemarin memang waktu tidur  terpangkas.

Seninnya bangun  sepertiga malam buat QL, sahur trus langsung shubuh ke masjid, langsung mandi berangkat ke kampus buat kumpul panitia 3G GAMAIS. tidak sempat ngapa2in, tilawah pun tidak. Jam 5.50-an nyampai di Salman langsung brifing sampai jam 7. Jam 7 sampai sekitar jam 13 full kuliah tanpa jeda. Sholat pun ditunda sampai setelah jam 1. Beruntung di sela-sela kuliah masih sempat keluar kelas buat ngirim TOR 3G ke pembicara dan ngirim data LDW yang diminta panitia Qurban Gamais. Dikuliah dari jam 7 sampai jam 13 pun tidak bisa konsen karena selain harus membalas sms panitia Qurban dan menjarkom LDW, saya harus buat jurnal praktikum untuk praktikum jam 13 nanti. Ada satu orang temen yang nyeletuk, “ yah baru bikin jurnal sekarang?!”. Serasa diri ini pemalas, padahal nyatanya tidur pun harus kurang dari 4 jam. Ingin sekali bilang, “ kegiatan gw ini, itu, bla bla bla, ga kaya lu!”, tp urung kulakukan lebih baik kembali mengerjakan jurnal, paralel dengan mendengarkan kuliah. Jam 13-17 praktikum, nilai tes awal 82 bagiku sudah sangat bagus untuk orang yang hampir ga ada waktu untuk belajar, walau temen2 ada yang dapat 95. Jam 17.15 langsung ke Salman, buka shaum, magrib dan ikut belajar tahsin, sering kali salah panjang pendek. Setelah isya’, pulang, makan lalu mengerjakan PR kimia medisinal. Tidak selesai sampai akhirnya tidur.

Selasanya bangun seperti biasanya, QL, shubuh, mandi, berangkat ke kampus. Nyampai di Salman jam 5.45 tepat untuk ngurus 3G. Padahal PR kimia medisinal yang harus dikumpulkan jam 7 belum selesai, namun aku harus datang karena PJ acara tersebut. Di sela-sela acara aku pun mengerjakan PR itu dan jam 7 lebih sedikit selesai, entah benar atau tidak. Langsung diprint ke taman sari dan akibatnya aku telat masuk kelas sekitar 18 menit. Biar saja orang-orang yang tidak tahu melihat aku sebagai pemalas, yang penting amanah-amanah ini kulakukan dan Allah memandangku dengan pandangan yang benar. Seperti biasa, hari selasa kuliah sampai jam 12, lalu sholat, makan dan ke lab lagi untuk jadi asisten lab AFO. Malamnya pun harus rapat follow up oasis.

Yah begitulah seterusnya, akademik yang padat memang tidak cocok untuk aktivis. Hari rabu pun masih harus ke lab lagi untuk melanjutkan praktikum yang belum selesai. Di sela-sela kuliah dan praktikum pekan ini ada beberapa agenda yang harus kulakukan : Rapat tim sekjen, presentasi kuliah PAK, Rekap peserta sekolah LDW, ketemu kepala LDW timur jauh yang ga gerak-gerak, nyari pembicara kumpul ADK yg ampe 7 ustadz dihubungi ga ad yg bisa, penyiapan sekolah LDW: tempat, pembicara dan TORnya, publikasi etc, penyiapaan temu kader gamais terpusat, notulen, time table hasil rapat kepala LDW, laporan praktikum farmakologi, nyari data SPS yang belum jg lengkap, laporan praktikum fitokimia, slide presentasi fitokimia,buat sampel AFO, beresin lab fitokim, ngerjain lomba inovasi ITB, ngerjain TA, 3G sabtu, pelantikan susulan  oasis (klo disuruh datang), pelaksanaan sekolah LDW, beresin jaket  kamifa, rapat LF, rapat BPH, pelaksanaan Temu kader  terpusat, pelaksana kumpul ADK dan ngementor juga LQ, ditambah lagi amanah sebagai BPA himpunan dan PJ mentoring farmasi, maaf bila himpunan dinomorduakan.

Ada sekitar 24 agenda diluar kuliah dan praktikum di 4 hari ini. jika satu agenda rata-rata peru waktu 2 jam makan perlu dua hari full tanpa tidur tanpa makan tanpa ngapain2 buat ngelakuin  semua amanah ini, dan harus pekan ini karena pekan depan tentu sudah banyak agenda menanti. Maka harus ada strategi seperti bagaimana caranya satu waktu mengerjakan dua-tiga hal dan seterusnya atau terpaksa ada agenda yang dikorbankan.

Yah, setidaknya setelah menulis ini rasa lelah dapat terluapkan dan buat temen-temen sekelompok asisten, sekelompok praktikum jangan sampai terlambat bikin sampel dan laporannya, buat staf dan maganger di kesekjenan ayo tingkatkan militansi kalian! Masa maganger bisa lebih digerakkan daripada staf, sepertinya hasil psikotes ITB yang menyatakan 2008 rendah inisiatifnya memang benar, buat kepala LDW mohon laksanakan amanah dengan baik, tanggung jawab kita sampai akhirat. Satu hal yang pasti buatku, amanah ini telah jatuh kepadaku dan tidak ada pilihan lain selain maksimal melaksanakannya.

Dan buat temen-temen yang masih SMP dan SMA, jangan sampai bercita-cita masuk STF ITB jika kamu ingin jadi aktivis dan tidak mau terkurung di lab. ^_^

Yuk lanjutin bikin laporan!!!!

7 responses to “Sepekan ini begitu melelahkan

  1. ah kang.. jangan nulis “Dan buat temen-temen yang masih SMP dan SMA, jangan sampai bercita-cita masuk STF ITB jika kamu ingin jadi aktivis dan tidak mau terkurung di lab. ^_^” dong..

    nanti siapa dong yang melanjutkan dakwah di SF kalau kayak gitu??😀
    semua pilihan ada konsekuensi nya kan kang??
    berani milih farmasi sekaligus menjadi aktivis ada konsekuensinya.. dan harus siap dengan semua konsekuensi itu..

    SEMANGAT dan IKHLAS kang!!

    ah ya.. mohon bantuannya juga ya kang…

    makasih juga tulisan-tulisannya banyak jadi referensi buat bikin laporan.. hehehehe..😀

  2. wah, kang..
    ckckck
    mungkin untuk inilah saya ditakdirkan untuk masuk fkk (iya gitu?)

    ads-adk-ads-adk..
    baru dapet teguran lagi
    >.<
    tapi, alhamdulillah banyak ikhwah yang senantiasa menopang dan membimbing saya untuk keluar dari masalah
    yang penting fokus dan sinkronisasi (kata kang eja)
    sebanyak apapun amanah yang kita emban selain memberi manfaat bagi orang lain ambil juga manfaatnya untuk diri sendiri
    bahkan manfaat untuk diri sendiri seharusnya lebih lebih besar daripada untuk orang lain

    sebenernya, mirip dikit kang..
    aktif ini itu..
    rapat ini-itu,,
    pernah waktu rapat oasis, saya malah ngerjain tugas
    (alhamdulillah jadi akhwat, terhindar kemungkinan dari mas'ul rapat..hehe)
    waktu ditanyain notulensi gara-gara keliatan lagi nulis,
    yah ketahuan deh lagi ngerjain tugas

    waktu kuliah terkantuk-kantuk, duduk paling depan lagi,,
    (pingin fokus malah ketiduran)
    untung dosennya baik semua
    errrrr

    bahkan pernah saya disindir sama temen2 sekelompok
    kalo istirahat ke mana, sih?
    yah, mau ke mana lagi,,
    paling ke salman, ngerjain tugas di kamar teh lintang

    pemangkasan waktu tidur sepertinya sudah biasa untuk mahasiswa
    apalagi annisa dan sekjen dari farmasi
    zzzzzzzzzzz

    status fb, ym pasti nyinggung laporan (ngapain jg?)
    foto hasil tag, banyaknya hasil laporan atau DPP acara

    Intinya ambil hikmahya aja kang
    walaupun idak tahu detilnya apa,,
    tapi inilah proses kaderisasi diri untuk menjadi lebih baik
    di sini bukan saatnya kita untuk istirahat
    di sini kita ditempa, kita berusaha, kita mencari karuniaNya
    insyaAllah akan berkumpul kembali di jannahNya
    amiin

    semangat terus, kang
    insyaAllah ikhwah yang lain akan menguatkan
    (ceritanya sekalian menguatkan diri sendiri)
    *kang wahyu rajin update blog, ya

  3. @gilang : gilang aktif Kamifa ya klo gitu tahun ini?? oke?? eh saran yg diatas buat ikhwan aja ding
    @dyah : ya ini salah satu fungsi blog, buat curhat hehehe
    lelahnya cuma seminggu kemarin kok..sebenarnya bukan di amanah formal tp internal..ntar klo dyah dapat amanah internal juga kerasa, lelah sehari dua hari ga masalah, yg penting amanah lancar semua. Blog nya di update dong.. masih banyak waktu yg kita punya sebenarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s