Pentothal natrium, senyawa anestetik yang banyak “berjasa” bagi manusia

Pentothal natrium adalah salah satu dari tiga obat jenis barbiturat yang sering digunakan untuk anestesi klinis. Namun selain mempunyai efek anestesi, Pentothal natrium dan golongan barbiturat pada umumnya juga mempunyai efek samping yaitu mereduksi konsumsi oksigen cerebral (CMR02). Sehingga aliran darah otak dan tekanan intrakranial pun ikut turun. Pada sistem kardiovaskular digunakan untuk vasodilatasi, venodilatasi dan menurunkan resiko penurunan tiba-tiba pada kontraksi kardiak. Pada sistem respirasi pentothal natrium berfungsi sebagai depresan (Goodman & Gilman’s, hal.226-228).  Senyawa ini dan senyawa barbiturat pada umumnya sangatlah ‘berjasa’ bagi manusia khususnya dunia kesehatan dan operasi (pembedahan). Coba anda bayangkan saja bila operasi dilakukan tanpa anestesi, betapa sakitnya. Berikut struktur dari Thiopental natrium :

Pentothal natrium pada hewan percobaan diberikan secara intraperitonial. Pemberian secara intraperitonial adalah injeksi suatu zat ke dalam peritoneum (rongga tubuh). Injeksi IP lebih sering dugunakan untuk hewan daripada manusia. Dipilih saat pemindahan cairan darah dalam jumlah besar dibutuhkan, atau saat tekanan darah rendah atau hal lain yang mengganggu bila injeksi intravena digunakan. Pada hewan sering digunakan untuk obat veteriner dan uji in vivo dari obat sistemik. Pada manusia digunakan untuk mengobati beberapa kanker, khususnya kanker ovarium.

Berdasarkan data pengamatan yang diperoleh, tikus yang dipakai dalam percobaan ternyata mempunyai variasi terhadap efek obat. Sesuai efek yang diamati tikus dikelompokkan menjadi lima kelompok, yaitu : sangat resisten, resisten, efek sesuai, peka dan sangat peka. Dari percobaan dapat disimpulkan bahwa tikus yang dipakai dalam percobaan masuk dalam kelompok peka dan sangat peka. Variasi biologik ini disebabkan oleh adanya perbedaan metabolisme dalam tubuh tikus yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, lingkungan, makanan, usia, kelamin dan sebagainya.

3 responses to “Pentothal natrium, senyawa anestetik yang banyak “berjasa” bagi manusia

  1. zaman dulu, gantinya bius kalo mau disunat, anak kecilnya direndem di gentong berisi air dingin sampe kurang lebih sejam, wahyu….
    sampe mati rada setengah badan kebawahnya….

    btw, berati, kinerja penthotal natriumnya terhadap kanker apakah jadi seperti mendormansikan pembelahan sel2 mieloma secara persisten? mungkin gitu kali ya…. =p

  2. yang sudah terbukti yg buat anestesi ta, yg kanker belum pasti. eh sekalian yg chatting kan aku cuma copas, cuma kalo menurut ustadz yang membahas hal tersebut harusnya boleh kan.

  3. Mas bro ada yg jual pentotal natrium dg strikinin ga?? ane lg nyari buat penelitian… klo ada punten call me di 0817435958… hatur nuhun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s