EQ, me on TFT SSDK ITB

Kecerdasan emosional  atau EQ adalah salah satu bagian penting dari kesuksesan seseorang. Dalam berbagai penelitian dan survey, EQ menempati presentasi tertinggi dalam kesuksesan. Maka dari itu, Training motivasi sukses dikampus juga akan mengangkat EQ, khususnya tiga hal yaitu integritas, prestasi dan komitmen, disingkat IPK. Kecerdasan emosional didefinisikan sebagai kemampuan menggabungkan secara sadar pikiran, perasaan dan tindakan untuk bersahabat dengan diri sendiri dan orang lain. EQ meliputi tiga hal, yaitu:

  • Know yourself, meliputi kesadaran diri
  • Choose yourself, meliputi pengendalian diri dan motivasi menjadi yang istimewa
  • Give yourself, meliputi kepekaan terhadap orang lain dan keterampilan sosial

Dalam hal kesadaran diri (know yourself) yang harus diperhatikan adalah kepekaan emosional kita, kita dapat melihatnya dari respon terhadap situasi tertentu. Selain itu kita juga dapat mengenal melalui fungsi dalam otak kita dan yang pasti kita harus tahu apa kelebihan dan kelemahan kita. Dari hal-hal diatas, setiap orang bisa diklasifikasikan menjadi 4 karakter, yaitu dominan, influencer, steady dan compliant. Masing-masing dari tipe kepribadian tersebut mempunyai cirri khas masing-masing dan yang terpenting adalaha kita bisa menempatkan diri kita, kita bisa fleksibel dengan siapapun orangnya dan apapu tipe kepribadiannya.

Sebagai seorang mahasiswa kita juga harus sadar akan peran, posisi dan potensi kita sekarang. Posisi ditengah masyarakat, potensi yang besar karena berjiwa muda dan intelektual dan peran yang cukup kompleks sebagai agent of change, guardian of value, role model dan iron stock. Kuliah berbeda dengan sekolah, banyak perbedaan disana dan inti dari itu adalah responsibility (tanggung jawab).

Kemudian dalam tingkatan selanjutnya, choose yourself, dua hal didalamnya adalah pengendalian diri dan motivasi diri. Dalam pengendalian diri hal-hal yang harus dilakukan adalah berfikir konsekuensi, evaluasi dan pilih ulang, kita juga harus mengetahui cara-cara pengendalian diri dan ketika berinteraksi dengan orang lain kita juga harus sadar bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna. Sedangkan dalam motivasi diri kita juga harus melalui tahap-tahapnya untuk mencapai motivasi diri menjadi yang istimewa. Diantaranya, memahami otak manusia, menenangkan diri, membangun motivasi intrinsik, menanamkan motivas dan berpikir optimis. Salam satu hal penting adalah dalam penanaman motivasi intrinsik adalah terdapat tips dalam memperkuat cita-cita, yaitu : visualisasikan, tuliskan, ceritakan dan deklarasikan. Telah banyak orang yang mencoba dan membuktikannya.

Tahap ketiga dari EQ adalah give yourself. Dua hal penting yang akan dicapai adalah kepekaan terhadap orang lain dan keterampilan sosial. Beberapa cara agar meningkatkan kepekaan terhadap orang lain adalah berempati, memahami bahasa tubuh dan teknik dalam komunikasi lisan pada situasi tertentu. Empati adalah tingkatan lebih tinggi dari simpati yang dapat kita lakukan dengan memahami bahasa tubuh, mendengarkan dan kemudian memberikan respon-respon yang sesuai. Terakhir, dalam mencapai keterampilan sosial yang harus dilakukan adalah membukan diri terhadap orang lain, memahami emosi lingkungan, dan memahami sikap bertanggungjawab. Apapun yang kita lakukan dengan konsep diatas, yang harus kita ingat adalah kita harus mampu menggabungkan secara sadar pikiran, perasaan dan tindakan untuk bersahabat dengan diri sendiri dan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s