Menjadi ketua LDW GAMAIS

Kampus ITB adalah kampus pembinaan, kampus tarbiyah, tak terkecuali segi kepemimpinan dan organisasi. Saat itu aku sudah tingkat dua dan terdapat banyak pilihan dimana aku akan fokus aktif  di organisasi : di kabinet KM, di GAMAIS pusat, di Kamifa maupun Himpunan.

“Orang yang paling baik adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain di sekitarnya”

Quote ini yang sering aku jadikan alasan dimanakah aku beraktivitas.  Dan saat itu Keluarga Muslim Farmasi (Kamifa) adalah tempat yang sekiranya aku dapat memberikan manfaat terbesar disana.  Dan amanah menjadi ketua kamifa pun datang padaku. Aku selalu memotivasi diriku sendiri, bahwa setahun di kamifa bukanlah waktu lama, sangat singkat, maka berprestasilah sebesar-besarnya. Karena kita hanya punya dua pilihan : kita berhasil dengan amanah kita dan mendapat Ridho Allah (amiin) atau kita bermalas-malasan sehingga gagal menjalankan amanah dan banyak orang terdzalimi dan pertanggungjawaban dunia dan akhirat menjadi lebih berat.

“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?”

 [QS Al-Qiyamah : 36]

Setiap apa yang kita lakukan akan diminta pertanggungjawaban, dan tentunya amanah yang lebih besar, pertanggungjawabannya pun akan lebih besar pula. Maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk melalaikan amanah kita.

Sedikit apa yang telah Kamifa 2009 lakukan dibawah ini semoga bisa menjadi salah satu gambaran bagaimana kita menjalankan sebuah organisasi, khususnya organisasi da’wah di Fakultas atau Program Studi

Struktur

 

Sekretaris Jendral

Sekjen mempunyai jobdesk untuk menkordinasi Sekretaris, PJ rohis kelas TPB, Ketua Syiar kelas dan sebagai wakil ketua kamifa

Internal

Departemen Internal terdiri dari tiga divisi yaitu manajemen sumber daya anggota (MSDA), Badan Koordinasi Mentoring (BKM) dan Biro rumah tangga dan kekeluargaan (BRTK). Berikut beberapa proker yang kamifa 2009 jalankan ;

Proker  diatas diantaranya adalah Kamifa leadership n Organization training, suksesi kamifa, acara kekeluargaan, The Big pH (olahraga rutin ikhwan), Muslim Scientist Institute (MSI) bekerjasama dengan LDFMIPA, mentoring rutin, training calon mentor, staffing, OASIS kamifa dll.

Syiar dan pelayanan Kampus

Departemen ini terdiri dari tiga divisi : divisi bulletin, mading dan perpustakaan (BuMPer), divisi ta’lim dan divisi syiar multi media. Divisi ini juga yang paling banyak kerjanya karena memang inti dari LDF/S dan LDPS adalah syiar. Berikut beberapa prokernya :

Beberapa proker diatas antara lain : Penyambutan mahasiswa baru dan ramadhan (PMBR) kamifa, partisipasi kamifa pada buka bareng se-ITB , Ta’lim Kamifa, buka bersama Kamifa, buka bareng se-SF bekerjasama denga himpunan dan sekolah farmasi, berpartisipasi di Qur’an terpusat, facebook kamifa, website kamifa,  bulletin, majalah dinding, sms taushiah, lembar taushiah dll. Satu hal yang paling berkesan buatku adalah ketika PMBR kamifa, banyak sekali panitia sari 2008 yang terekrut. Dan hamper setiap ada agenda GAMAIS terpusat misal pelayanan sholat PRO-KM, anak-anak farmasilah yang paling banyak datang. Bahkan diantara panitia ikhwan ternyata panitia dari Farmasi juga yang paling banyak datang padahal ikhwan farmasi hanya sekitar 10-15% dari  sekitar 110 orang. Saat itu masih aku masih ingat ada yang bilang, “ kak kenapa yang banyak datang malah ikhwan farmasi ya? Padahal jumlah kita kan paling sedikit??” begitu kurang lebih. Aku lupa jawab apa, tapi didalam hati aku berkata, aku bangga pada kalian. Banyak hal mungkin yang bisa faktor kenapa hal itu terjadi, menurutku, kedekatan antara ketua kamifa dengan mereka, adik-adik panitia adalah yang utama, selain itu juga saat pemilihan ketua PMBR dilakukan dengan kumpul angkatan muslim SF 2008 sehingga setiap orang merasa mempunyai kepanitiaan itu.

Annisa

Departemen khusus akhwat ini memang mempunyai sedikit proker dan terasa kurang maksimal kinerjanya. Namun tetap mempunyai fungsi yang sangat penting di kamifa. Proker yang berjalan diantaranya : Kajian kemuslimahan dan bulletin Si Nisaa. Selain itu lebih banyak mengikuti agenda kemuslimahan yang dilakukan GAMAIS pusat

Akademik dan Keprofesian

Tidak di setiap LDW di ITB punya departemen ini, kamifa mempunyainya karena diharapkan memang departemen ini mampu memaksimalkan potensi akademik dan keprofesian yang memang sangat kuat di ITB, dan mengarahkannya agar senantiasa didasarkan untuk ibadah. Departemen ini juga departemen yang paling banyak menyentuh masa SF di setiap agendanya, karena agenda-agendanya cukup umum dapat diikuti siapa saja

Tiga diantaranya adalah info mengenai lomba-lomba, tutorial dan try out mata kuliah, dan terakhir adalah seminar vatiration. Seminar yang mampu membuat ruang seminar Planologi penuh, mengundang dua orang pemenang Ganesha prize, dana surplus, bahkan banyak peserta selain yang beragama Islam juga hadir. Sebuah kepanitian yang cukup sukses.

Keuangan

Departemen yang terdiri dari bendahara dan divisi ekonomi ini keberjalanannya kurang bagus di kamifa 2009. Hal ini terjadi karena pertama ketua divisi ekonomi kamifa saat itu cuti dari kuliah, sehingga otomatis amanah dibebankan kepada ketua departemen keuangan. Padahal ketua departemen keuangan ternyata punya prioritas amanah di tempat lain. Departemen ini cukup terbengkalai dan harus diurus langsung oleh ketua kamifa dan BPH lain.

Dari proker yang dibuat, proker jaket kamifa, kue dan ta’jil kamifa adalah proker yang bisa berjalan. Namun dana kamifa masih mencukupi karena juga ada dana turunan dari kepengurusan tahun sebelumnya dan proposal.  Walaupun kondisinya kurang bagus, di akhir kepengurusan, kamifa 2009 dapat mewariskan dana 750.000, insyaAllah lebih dari yang kamifa 2008 berikan kepada kami.

Siiippp…begitulah sekilas tentangku dan kamifa, aku hanya terus berharap semoga kamifa berikutnya  dan seterusnya jauh lebih baik dari apa yang kamifa 2009 lakukan. Dan untuk LDW-LDW lain di ITB maupun kampus lain, saya yakin temen-temen bisa lebih baik. 


Biarkanlah diri kita lelah karena menjadi jalan hidayah

Dan pada akhirnya hanya Ridho Allah lah tujuan dari sebuah amanah

 

One response to “Menjadi ketua LDW GAMAIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s