sehari ini, semoga besok lebih baik

Sekali ini aku ingin menuliskan aktivitasku dalam sehari, sabtu 10 April 2010. Ingin melihat saja bagaimana efektivitas kegiatan harianku saat ini. Suatu saat nanti setahun atau dua tahun lagi jika aku membaca tulisan ini, maka akan kupastikan hari itu aktivitasku akan jauh lebih baik, jauh lebih efektif dan bermanfaat.

~Sabtu 10 April 2010~

Sampai sekitar pukul 00.15 aku masih memimpin Musyawarah Pimpinan (MUSPIM) Kepala lembaga da’wah wilayah (LDW) Gamais ITB di GSS C Salman, musyawarah yang dimulai pukul 20.00 hari jumat kemarin, musyawarah yang dilakukan setiap bulan bersama kepala-kapala LDW Gamais ITB untuk mengonsep dan mengevaluasi agenda-agenda gamais wilayah secara umum dalam sebulan. Setelah forum ditutup dengan doa kafaratul majlis, aku ingat bahwa aku belum makan malam, semenjak di ITB aku terbiasa untuk makan tidak tepat waktu dan tidak teratur, karena tuntutan pekerjaan kali ya. langsung saja aku menuju kantin SR bareng taufiq, nunggu dan makan ternyata memakan waktu setengah jam.

Kembali ke GSS C untuk mabit bersama kepala LDW yang masih bertahan, beberapa izin dengan berbagai alasan, yup mabit adalah salah satu metode untuk semakin mempererat ukhuwah antara kepala LDW. Aku berbaring sekitar pukul 01.00 dan tak terasa mata sudah terpejam, jam 3.00 aku bangun karena mendengar bunyi alarm dari salah satu hape kepala LDW, tadi kan disepakati kita QL jam 4.00 kenapa ada yang nyalain alarm jam 3? Huh, mengganggu sekali, aku menggerutu. Kulihat yang lain masih tidur, ya udah aku tidur lagi saja, Walaupun alarm terus berdering ternyata mataku bisa terpejam lagi juga, saking mengantuknya mungkin. Aku bangun lagi, dan kulihat jam di hapeku sudah menunjukkan pukul 4.00, saatnya QL!!! Lampu GSS C sudah menyala dan ada beberapa orang yang sudah bangun namun ada juga yang belum. Yup! Langsung cabut ke salman, wudhu, lalu tahajud dua rakaat dilanjutkan witir tiga rakaat..aku pikir sudah mau azan ternyata masih ada waktu untuk tilawah sebentar, manfaatkan. Azan masjid Salman berkumandang, bersama jamaah lain pun aku melakukan sholat sunnah yang senantiasa Rasulullah lakukan, sholat sunnah qobliyah shubuh, setelah Iqomat semua jamaah shalat shubuh, imam sholat, kang ‘irfan, yang juga anak farmasi, begitu panjang bacaan suratnya sehingga akupun terkantuk-kantuk, astagfirullah…

Selesai shubuh ternyata ada kajian dulu di Salman, aku duduk mendengarkan sebentar lalu kembali ke GSS C, ada hal yang bisa kulakukan ternyata yaitu menulis notulensi MUSPIM yang nantinya akan dishare kepada kepala LDW yang tidak hadir MUSPIM. Taufiq menyusul lalu tertidur dan akupun tetap membuat notulen. Sampai pukul 6.15 aku pending dahulu pembuatan notulensinya karena aku ingat kalau jam 6.30 ada kumpul antara pengurus inti gamais dengan majelis pertimbangan organisasi Gamais (MPO). Aku bangunkan taufiq dan kami langsung menuju ke tempat biasa kumpul, mushola cc barat. Innalillah…pas mau makai sepatu, mana sepatuku? Tidak ada pada tempatnya, padahal sepatu itu baru 3 minggu kemarin aku beli..kucari ke gedung kayu,ke kortim, ke tempat sepatu salman dan GSS C, tetap tidak ada. Ya sudah akhirnya kuikhlaskan saja,aku beli saja sandal jepit dulu. Semoga nanti diganti dengan yang lebih baik oleh Allah..

Akhirnya sampai di mushola CC barat pun telat sekitar 15 menit, disana sudah adu dua orang, adjie , kepala gamais dan k’ agung ketua MPO Gamais, hmmm..pemimpin yang memberi teladan yang baik. yang lain? Tetap saja lebih telat dariku seperti biasanya. Agenda ini berlangsung sampai pukul 8.30 berisi tentang laporan Gamais kepada MPO dan evaluasi MPO yang tidak bisa keperinci satu persatu karena banyaknya. Setelah agenda ini selesai, aku dan (lagi-lagi) sama taufiq makan pagi, menunya apa yya? Hah bingung, yang paling murah aja lah, lontong pecel telor komplit, 8000 rupiah, yang penting bisa sarapan.

Makan selesai, aku buka inbox di hape ku, baca sms satu persatu, oh iya ada sms bahwa sekarang harus kumpul penanggung jawab mentoring (PJM) Fakultas. Sebenarnya ini amanahku tahun lalu, tapi masih kupegang sampai sekarang karena masih belum ada juga PJM baru di kepengurusan keluarga muslim kamifa (kamifa) yang baru, tidak apa-apa lah, belajar multitasking. Selesai agenda ini sekitar pukul 10.00. aku bingung mau kemana, sebenarnya gamais hari ini ada agenda ta’lim akbar namun diundur dan aku pun bingung harus kemana. Seperti biasanya ketika aku merasa tidak ada amanah maka aku menuju himpunan, tempat tujuan pertamaku di farmasi setelah lab. Disana bisa bertemu dengan teman-temanku, maen, melepas lelah, belajar bareng etc. Disana seperti biasa aku membuka laptopku dan surfing di internet, buka email dan membalas topik-topik yang ada dalam milist, buka facebook dan terakhir buka blog, kali ini waktu lebih banyak kugunakan untuk ngeblog, aku juga mencari info tentang bayer young environmental envoy (BYEE) karena merasa punya peluang untuk berpartisipasi di lomba ini dan berangkat ke Jerman!!! Aku rencanakan formulir BYEE ini akan aku hubungkan dengan program kreativitas mahasiswa ku (PKM) yang kebetulan tahun ini bertema lingkungan juga. Semoga bisa terlaksana, amiin.Di blog aku menulis entang BYEE, atau lebih tepatnya menerjemahkan pengumuman BYEE yang ada di website bayer, agar temen-temen yang membacanya jadi lebih mudah dan dapat juga mengikuti BYEE. Satu postingan hari ini selesai dan aku mulai menjelajah blog-blog teman-temanku, blog adjie, taufiq, ashlih, araf, kang panji, kang agung dan ikhwan-ikhwan yang lain ada juga beberapa blog beberapa akhwat, purwa, chrysanthee, nisa, dyf, teh fafa dll. Ada salah satu taushiahku disana saat rapat kamifa yang ditulis oleh akhwat..hmm mari berbagai inspirasi!!!

Tak terasa dua jam sudah berlalu, aku segera sholat dhuhur lalu makan siang di kantin belakang kampus. Masa wisuda membuat kampus menjadi sangat ramai, aku berkeliling melihat-lihat beberapa himpunan yang sudah persiapan menyambut wisudawan yang akan di arak. Sebuah kebiasaan di kampusku ketika ada wisudaan. Temen–temen dihimpunan juga mulai ke sabuga untuk mengarak 10 wisudawan farmasi, aku tidak ikut karena selain tidak bawa jaket himpunan, sekarang aku sedang malas dan mengantuk karena semalam hanya tidur 3 jam. aku juga menunggu adin dan teguh untuk membeli bahan-bahan yang akan kami gunakan untuk penelitian PKM, ngobrol sebentar dengan heru tentang peluang bisnis bahan alam, ada peluang besar saat dosen dari korea datang ke ITB dan memerlukan supplier temulawak, ntar aku follow up. Setelah waktu sholat ashar tiba aku langsug sholat, lalu kembali ke himpunan, disana temen-temen yang lain sedang evaluasi tentang acara wisudaan tadi. Aku nimbrung sebentar untuk sekedar mendengarkan. Walaupun sekarang aku lebih aktif di Gamais aku tetap tidak meninggalkan himpunanku, aku tetap menjadi badan perwakilan angkatan yang bertugas mengawasi kinerja BP, walaupun sekarang peranku tidak maksimal.

Sebentar kemudian aku berangkat mencari bahan-bahan PKM, ada beberapa yang harus kucari : bibit jamur lingzhi, pupuk TSP, CaCO3, Ca-Sulfat, bekatul, tepung tapioka dan jagung serta plastik polipropilen, bahan-bhan ini untuk medium (baglog) jamur. Aku berangkat bersama adin dengan motor, sampai ditengah jalan ada sms dari tuti, “ikhwan tolong ke sekre, PENTINg!!!”, begitu kurang lebih. Wah ada apa ini? Apakah ada akhwat yang digigit tikus? Atau ada yang pingsan? Ada yang ketimpa lemari atau ada maling di sekre?? Hehe lebay, sms dari tuti lebay juga sih. Aku langsung bales smsnya, ada apa? Saya lg keluar kampus nih. Dan tidak ada sms balasan, ya sudah berarti memang tidak harus aku kesana saat ini juga. Lanjutkan pencarian bahan-bahan PKM. Satu persatu bahan-bahan terkumpul, tinggal dua nih yang belum : bibit jamur dan pupuk TSP. Info dari website bahwa ada yang jual bibit jamur di jalan Cimanuk 5A, kami langsung menuju kesana dan ternyata aku sampai di sekretariat Ikatan alumni ITB jawa barat. Ohh jadi yang punya usaha ini alumni ITB juga? Tapi ternyata bapak yang jualan lagi ke luar kota sehingga kami diminta kembali besok hari. Langsung menuju toko pupuk, dan ternyata sudah tutup. Cari saja lagi besok.

Aku kembali ke kampus untuk mengambil tas dan laptopku di himpunan. Aku sms tuti lagi karena masih ada rasa khawatir, tadi ada apa? Dibales hanya butuh bantuan tenaga ikhwan kalo memang sedang kosong, oh bukan hal mendesak kalo gitu, pikirku. Aku langsung ke himpunan, disana rapat evaluasi masih ada, bahas apa yya? Lama amat. Waktu menunjukkan pukul 17.35 aku mau ke sekre gamais, siapa tahu ada yang bisa dibantu, eh tapi teguh ngajak aku maen Pes, ya udah sekali saja ya..10 menit, dan aku menang 1-0 hehe. Langsung menuju sekre dan sampai sana..wow subhanallah…sekre menjadi lebih rapi!! Lampunya juga diganti kayaknya, lemari bergeser, semua barang-barang di kelompokkan dalam kardus. Adakah ikhwan yang bantu? Pikirku. Sejenak mengagumi kerapian sekre (*lebay) aku langsung bergegas ke Salman, sholat lalu pulang. Wah ternyata macet! Aku jadi tidak sempat sholat isya’ berjamaah. Sholat isya’ kulakukan munfarid di rumah. aku makan malam lalu buka laptop untuk mengerjakan apa yang bisa kukerjakan, termasuk menulis tulisan ini. Sehabis sholat isya’ dan doa aku tertidur sambil duduk di sajadah karena saking ngantuknya. Ya sudah kuputuskan untuk tidur cepat malam in, aku tidur pukul 8.30 agar besok bisa bangun untuk sholat shubuh berjamaah. Hmm..cukup banyak gak yya? Ada beberapa evaluasi hari ini. Laporan praktikum, rekap kuesioner dan LPKW, rekap data kader, sholat dhuha, ketemu dosen untuk ngomong tentang usaha supplier bahan alam adalah beberapa hal yang tidak kuselesaikan atau kulaksanakan, tilawah dan rawatib pun tidak mencapai target, kurang menjaga hati dll. Yaa Allah ampuni kesalahan-kesalahan hambamu hari ini…

“Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.”
[QS Al-Ahqaf : 16]

Semoga hari esok lebih efektif, lebih bermanfaat, lebih dirahmati Allah. amiin…
Esprit monsoir!!!

2 responses to “sehari ini, semoga besok lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s