OSN-PTI sebagai pemetaan mutu Universitas??

http://www.sci.ui.ac.id/osnpti/

PT. PERTAMINA BEKERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA AKAN MENYELENGGARAKAN OLIMPIADE SAINS PERGURUAN TINGGI seluruh INDONESIA (OSN-PTI 2008)

Dengan Tema “Mempersiapkan Generasi Indonesia Berprestasi”

OSNPTI-2008 adalah sebuah ajang kompetisi sains tingkat nasional yang dikhususkan bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan kandidat yang potensial untuk selanjutnya dibina dan diajukan dalam ajang olimpiade tingkat internasional. Kompetisi ini memperebutkan total hadiah beasiswa sebesar 135 juta rupiah. Putaran kompetisi dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tingkat daerah dan tingkat pusat.

Bidang Yang Dilombakan

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia

Hadiah dan Penghargaan

  • 1. Piagam Penghargaan
  • 2. Beasiswa (total sebesar 135 juta rupiah)

Pendaftaran dan seleksi

1. Pendaftaran : 1 September – 31 Oktober 2008

2. Seleksi Peserta Tingkat Daerah : 3 November 2008

3. Seleksi Peserta Tingkat Pusat & Final : 5-9 Desember 2008

Tempat seleksi

Seleksi Daerah

Seleksi akan dilaksanakan serentak di tiap provinsi seluruh Indonesia. Lokasi seleksi akan dipusatkan pada universitas mitra OSN-PTI 2008 atau lebih dikenal dengan universitas Local Partner yang bekerjasama dalam pelaksaan seleksi tingkat provinsi. Universitas mitra ini berada pada ibukota setiap provinsi.

download daftar universitas mitra

Seleksi Tingkat Pusat dan Final

Setelah peserta lolos ke putaran selanjutnya, maka seleksi tingkat pusat dan final akan dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di kampus Universitas Indonesia.

Persyaratan Peserta

  • 1. Peserta adalah mahasiswa S1 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang masih aktif kuliah dibuktikan dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor.
  • 2. Jumlah peserta OSN-PTI 2008 per universitas tidak dibatasi.
  • 3. Kompetisi ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti lomba olimpiade tingkat mahasiswa internasional.
  • 4. Formulir dapat dikirim melalui Fax di 021-7866837 dan email di osn_pti@sci.ui.edu
  • 5. Harap untuk melampirkan kartu mahasiswa dan surat pengantar pada saat mengirimkan formulir pendaftaran via email ataupun fax.
  • 6. Formulir dapat di download melalui website http://www.sci.ui.ac.id/osnpti/formulir-pendaftaran/, dan bagi calon peserta yang telah mendownload formulir peserta dari website, diperbolehkan tidak menyertakan surat pemberitahuan dikarenakan telah adanya tanda tangan persetujuan dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor, dan harus tetap melampirkan kartu mahasiswa.

Fasilitas

  • 1. Seleksi Peserta untuk tingkat daerah akan dilaksanakan di setiap Propinsi.
  • 2. Bagi peserta yang memenangkan seleksi tingkat daerah akan mendapat fasilitas akomodasi dan transportasi untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Jakarta.

Workshop dan Seminar

Panitia menyelenggarakan seminar dan workshop bagi peserta dan pendamping.

Juli 2008

http://beritasore.com/2008/09/26/dikti-lakukan-pemetaan-mutu-melalui-osn/

Dikti Lakukan Pemetaan Mutu Melalui OSN

26 September 2008 | 15:12 WIB



 

Jakarta ( Berita ) :  Pemerintah akan memanfaatkan ajang olimpiade nasional sains (OSN) tingkat perguruan tinggi untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan tinggi di Tanah Air.

“Kemampuan bidang sains yang meliputi matematika, fisika dan kimia, tiap-tiap perguruan tinggi di Indonesia hingga saat ini belum bisa dipetakan dengan pasti. Untuk itu, Universitas Indonesia (UI) dengan dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional dan PT Pertamina menggelar Olimpiade Sains Nasional tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI) 2008,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, Fasli Jalal saat menjelaskan rencana penyelenggaraan OSN tingkat Perguruan Tinggi di Jakarta, Kamis [25/09] .

Apabila OSN tingkat perguruan tinggi bisa menjadi ajang tahunan, diharapkan akan terpetakan mutu dan kekuatan perguruan tinggi sekaligus diketahui daerah dan propinsi mana yang masih perlu mendapatkan penguatan dan dukungan pendidikan bagi tenaga dosen dan mahasiswanya, katanya.

Ia mengatakan, selama ini olimpiade sains nasional yang ada baru di tingkat dasar hingga menengah, di tingkat perguruan tinggi belum pernah diadakan, sehingga kegiatan OSN prakarsa UI dan Pertamina ini untuk pertama di Indonesia,” kata Fasli Djalal yang didampingi Wakil Rektor UI, Soenardji dan Vice President Communication PT Pertamina, Wisnuntoro.

Menurut Fasli, OSN-PTI 2008 mencakup tiga bidang lomba, yakni matematika, fisika, dan kimia. “Kami berharap kegiatan ini bisa menjaring para mahasiswa yang memiliki penguasaan sains secara komprehensif pada ketiga bidang ilmu tersebut,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, OSN-PTI akan diikuti mahasiswa PTN dan PTS di 33 provinsi di Indonesia. Soal-soal olimpiade akan dibuat oleh tim profesor dari beberapa PTN dan soal yang diujikan setara dengan soal untuk masuk program doktor,” katanya.

Dirjen Dikti juga menambahkan, para mahasiswa yang tampil di olimpiade tak dibatasi hanya dari jurusan matematika, fisika, dan kimia. “Dari kedokteran dan teknik juga diperkenankan ikut. Tapi kompetisi ini tak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti lomba olimpiade tingkat internasional dan pendaftaran dapat diakses di www.sci.ui.ac.id” .

Wakil Rektor Universitas Indonesia bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja sama Industrial Sunardji berharap, OSN-PTI nantinya bisa menjadi rintisan untuk pelaksanaan olimpiade sains mahasiswa internasional. “Di luar negeri olimpiade tingkat mahasiswa baru sebatas per bidang,” ungkapnya.

“Nantinya akan terdapat dua tahap seleksi, yakni tingkat provinsi dan nasional. Seleksi tingkat provinsi akan memilih mahasiswa terbaik untuk dikirim pada seleksi tingkat nasional sehingga Untuk masing-masing bidang akan terpilih 33 mahasiswa,” katanya.

Pendaftaran sudah dimulai sejak 1 September dan akan ditutup pada 31 Oktober secara online. Seleksi provinsi akan dilakukan di perguruan tinggi mitra panitia di 33 Provinsi pada 3 November 2008, sedangkan seleksi nasional dilaksanakan di kampus UI Depok pada 5-9 Desember 2008. Para pemenang akan mendapat hadiah total beasiswa Rp135 juta dan piagam penghargaan. ( ant )

Sebuah ajang nasional yang bisa dibilang besar, namun berdasarkan artikel-artikel diatas terkesan dibesar-besarkan, seperti pada berita dari dikti, dengan OSN ini dikti ingin memetakan mutu perguruan tinggi, hal ini sungguh tidak relevan dengan OSN PTI yang sepertinya baru dilakukan sekali, lebih jauh lagi OSN ini hanya diselenggarakan oleh satu Universitas, sedangkan yang lain hanya sebagai mitra. Dari pesertanya pun belum tentu dipastikan bahwa yang ikut adalah memang orang-orang terbaik dari negeri ini, sebagai contoh konkrit, beberapa teman saya yang saya tanya apakah ikut OSN ini, tak satupun dari mereka yang ikut, padahal mereka saat SMA adalah peraih Emas Olimpiade di bidang masing-masing, finalis OSN SMA, bahkan ada yang menjadi tim OS internasional seperti IChO dan sebagainya. Hal ini selain mahasiswa yang punya kemampuan lebih, lebih tertarik dengan lomba-lomba yang berskala internasional, waktu-waktu ini di beberapa universitas sedang ada Ujian Tengah Semester, sehingga banyak yang lebih konsen kesana. Jadi bagaimana dengan rencana dikti untuk menjadikan ajang ini sebagai pemetaan mutu??

menurut saya hal ini harus dikaji ulang, karena berbagai ketidakrelevanan di atas.

One response to “OSN-PTI sebagai pemetaan mutu Universitas??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s