Sukses = perjuangan !

Kamis 16 Oktober 2008, kuliah pertama mata kuliah Mikrobiologi Farmasi dengan  ibu Debby s. Retnoningrum . Sebuah kuliah pembuka yang menurutku inilah seharusnya apa yang dilakukan dosen terhadap anak-anak didiknya : memotivasi. Beliau bercerita tentang mahasiswanya dulu yang sekarang telah lulus dan meniti jalan mereka masing-masing. Ternyata ITB sampai saat ini masih memberikan banyak peluang bagi mahasiswanya untuk menjadi orang-orang yang sukses di masa depan. Beliau hanya menceritakan sedikit dari mahasiswanya, yaitu yang pernah melaksanakan tugas akhir dengan beliau. Dari mereka yang diceritakan, sekarang ada yang mengambil program Master (S2) di Berlin, Jerman; ada yang mengambil program Master di di Inggris,jepang dan sebagainya, yang mengambil S2 di ITB juga ada . Satu hal yang menarik yaitu tentang salah seorang mahasiswa yang saat mengikuti program sarjana di ITB nilainya tidak begitu bagus, mungkin dia masuk PMDK (perkumpulan mahasiswa dua koma– mahasiswa dengan IP 2,XX-red), namun sekarang diterima untuk S2 di jepang !. saat akan ke jepang dia meminta surat rekomendasi kepada ibu Debby, dan mungkin karena salah satu sebab ini dia diterima, surat rekomendasi dari dosen ITB ternyata begitu berpengaruh di universitas luar negeri, ibu Debby bersedia memberikan surat rekomendasi karena saat mengikuti program apoteker mahasiswa ini mendapat nilai yang bagus, sebuah peningkatan yang meyakinkan untuk diterima S2 di jepang.

ITB dan universitas favorit lainnya adalah jalan bagi putra-putri Indonesia untuk dapat berbuat lebih bagi bangsanya. Setelah lulus, dengan kemampuan intelegensi, EQ maupun SQ yang telah dipelajari semasa kuliah seharusnya bisa menjadi bekal untuk memajukan bangsa Indonesia. Jika kita berandai-andai, bila saja 30 tahun yang lalu pendidikan di Indonesia sudah seperti sekarang, minimal, tentu tembagapura dengan 2 % emasnya tidak akan diambil Amerika (Freeport), tentu pertamina dan bangsa Indonesialah yang menguasai perminyakan di Indonesia, bukan Cevron, exxonmobil dan perusahaan asing lainya. Pendidikan adalah modal yang sangat penting untuk memajukan bangsa, seperti yang dilakukan kaisar jepang ketika kota Hiroshima dan Nagasaki habis di bom atom oleh tentara sekutu, kaisar tidak menanyakan berapa tentara yang masih ada, berapa uang yang masih tersisa dan sebagainya, tetapi menanyakan berapa Guru yang masih tersisa. Urgensi pendidikan sudah disadari oleh bangsa jepang pada saat itu, dan akhirnya, dengan waktu start yang hampir sama, saat ini Indonesia sudah tertinggal jauh dengan jepang dan bangsa-bangsa lain di dunia.

Mencapai kemajuan dan kesuksesan memang perlu perjuangan, apa yang kita lakukan saat ini akan sangat berpengaruh bagi Indonesia di masa yang akan datang. Kadang akan terasa berat, seperti saat ini yang aku dan mungkin temen-temen mahasiswa lain alami, di farmasi sendiri ujian tengah semester (UTS) 3-4 kali dari 5 hari kuliah, dari 5 hari tersebut kuliah tetap jalan, praktikum 4 kali yang memakan waktu hingga 4,5 jam juga masih jalan dengan laporan yang panjang pula, selain itu ada juga ujian praktikum, kuliah lapangan, ditambah lagi kegiatan-kegiatan organisasi juga harus dilaksanakan. Wisudaan, pemilu dsb. Kapan waktu belajar ? setiap detik harus dimanfaatkan, ini semua untuk kesuksesan di masa depan, ilmu ini juga demi bangsa, insya Allah.

Saat ini kesempatan untuk belajar sudah kita dapat, banyak peluang , harus dimanfaatkan, mulai dari beasiswaBeasiswa yang begitu banyak, dosen-dosen yang berkompeten, fasilitas yang bagus, sarana penunjang soft skill juga terdapat disini. Masa kuliah adalah masa bagi kita untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman, manfaatkan sebaik-baiknya…

Sekali lagi sukses butuh perjuangan !!

3 responses to “Sukses = perjuangan !

  1. semua memang butuh perjuangan

    saya masih inget sms papah saya minggu kemarin waktu saya pusing, stress ngurusin laporan yang numpuk ga pernah selesai…

    “Nak,, teruskan perjuanganmu disana…..”

    orang tua selalu berharap yang terbaik buat kita kan!!!
    (^0^)b

  2. asw wahyu
    kita sama2 brjuang
    u/ meraih ksuksesan dunia dan akhirat
    smangatt !

    tolong d link yaa blog saya
    lagilagilidiaa.wordpress.com
    trims🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s