LIBURAN TAPI TETAP AKTIF dong!

Kalau denger kata liburan pasti hampir semua sepakat : liburan is my free time!! Lupakan deh semua rutinitas kita, kuliah; belajar ; ujian tidak serius (UTS), ujian agak serius (UAS), apalagi remidiasi… kita serasa lepas dari semua beban hidup..

Eit.. tapi tunggu dulu , sebenarnya bagaimana sih seharusnya kita menyikapi liburan?? Memang ini waktu yang penting buat kita, agar kita juga bisa me-refresh diri kita.

Ibaratin computer kamu aja kalo selama 1 semester dipakai terus n gk di – refresh, malah di masukin virus, worm dsb.. apa yang terjadi?? Lama2 akan error, files nya hilang, de-el-el..akhirnya harus di install ulang kan.

Begitu juga dengan diri kita, kalo gk ada refreshing-nya..ya ntar otak kita juga capek, walaupun memory otak kita lebih dari 120 GB sekalipun, walaupun processor otak kita lebih canggih dari Core2 Duo sekalipun.. eh Udah baca belum buku yang membahas tentang keajaiban otak kita, judulnya apa ya.. lupa. kalau belum, nyuri aja di gramed. (lho..maksudnya nyuri baca doank, gk usah beli..tiap hari kesana ntar juga khatam koq, ^_^) disana ditulis bahwa kalaupun kita mengingat seluruh isi alam semesta ini, otak kita tidak akan pernah penuh..nah itulah salah satu nikmat yang Allah swt. Berikan kepada kita, tinggal kita aja yang belum bisa memaksimalkannya. Banyak sekali nikmat Allah yang diberikan kepada kita, setiap saat..namun apakah kita kita selalu bersyukur, tanyakan pada hati kita masing-masing. O ya kita sebagai seorang muslim diberi oleh Allah nikmat terbesar yang tidak diberikan kepada yang lain : nikmat iman.

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “ inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.” <QS. Al-Baqarah: 25>

Wah enak ya di dalam surga?? Jadi tak sepantasnyakah kita menjadi hamba yang bersyukur??

Sahih Bukhari, Volumn 002, Book 021, Hadith Number 230.
“Narated By Al-Mughira : The Prophet used to stand (in the prayer) or pray till both his feet or legs swelled. He was asked why (he offered such an unbearable prayer) and he said, “should I not be a thankful slave.”

Kembali ke pokok bahasan, liburan kita tu lama..bagi yang kuliah di ITB liburnya sampai 2 bulan lebih kan.. nah kalau selama itu hanya kita isi dengan ‘refreshing’ melulu ntar kita juga orang yang malas, masa’ tiap hari ke taman mini, tiap hari ke BIP, ciwalk, dsb..gk produktif !!..kalau kita punya computer hanya untuk di refresh melulu, apa gunanya?? Laporan-laporan praktikum kita gk akan pernah selesai. Sepakat??

Jadi apa aja yang bisa kita lakukan??

1. aktif di organisasi,

soft skill modal utama dalam kesuksesan, nah disini kita bisa berlatih.

Gk usah banyak-banyak satu atau dua aja cukup koq, organisasi di ITB bermacam2 tinggal pilih, kalo wahyu sih,

ada Kabinet KM ma Gamais, Himpunan juga, himpunan seperti wajib sih. Yaa di KM bisa belajar tentang kebangsaan, interaksi dengan bermacam2 orang, berlatih kepemimpinan, dsb. Kalo di gamais juga memperoleh apa yang di dapat di KM . tapi ada nilai lebihnya..kita bisa belajar ilmu agama, kalo kita salah ada yang mengingatkan, kalau beraktivitas selalu bisa mengharap pahala (ini yang paling buat semangat), dapat temen yang soleh-solehah ..ada ukhuwah…kalau pas mentoring dapat nasehat, kita jadi ingat dosa-dosa kita..coba ingat, banyak kan !! pernah juga maen bola bareng, becanda juga sering asal gk berlebihan..banyak yang bisa didapat.

2. ikut incidental activity

bisa seminar, talkshow, studi banding.. awal juli lalu wahyu ikut ke Cimahi, ada acara karya ilmiah anggota (KIA) himpunan mahasiswa farmasi (HMF) ‘ars praeparandi’ ITB. kami ke CV Cihanjuang Inti Teknik, pabrik sederhana tapi sudah bisa memproduksi turbin kualitas internasional lho, diekspor ke eropa pula.

Setelah kesana Kami ke kebun strawberry, asyik kan, bisa belajar, sekaligus refreshing.

3. memperbanyak ibadah

jika waktu kuliah Cuma bisa baca Al-Quran dua ayat sehari, nah di

liburan waktu libur kita bisa menambah menjadi 2 halaman misalnya.

Banyak kok ibadah yang bisa kita lakukan.

4. terserah kamu, kan tiap orang beda-beda, tambahin aja sendiri,yang bermanfaat pastinya.

intinya tawazun aja, seimbang. liburan gk terlalu malas, tapi aktif juga gk menghilangkan saat2 refreshing di kala liburan. Asyik kok.

buat temen di kepanitian OHU & PI gamais, PMBr & Oasis , InKM, HT, Wisuda..semua deh..tetep semangat!!!!

semua InsyaAllah akan ada hasilnya..

alangkah indah ketika kita berjuang untukNya

tanpa riya, tanpa niat keuntungan dunia

hanya pahala dan RidhoNya-lah tujuan kita

ketika berjuang dengan harta,

yakinlah kita menabung untuk akhirat kita

menabung untuk membeli kunci surga

ingat!! kita di dunia hanya sementara…

jangan jadikan semua sia-sia

akhirat-lah tempat tujuan kita..

hingga waktu yang tiada batasnya.

Astagfirullah..wallahua’lam.

2 responses to “LIBURAN TAPI TETAP AKTIF dong!

  1. betul tuh, liburan emang harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat…
    walopun dulu kalo aku lebih memilih buat pulang kampung kalo libur panjang,
    tapi sepertinya tahun ini tidak seperti itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s