Balai Besar POM di Bandung

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Salah satu bagian dari segitiga masyarakat adalah pemerintah. Sebagai seorang Pharmacist tentu kita tahu lembaga mana yang bisa kita masuki untuk berkarya disana. Bisa ke departemen kesehatan, dirjen bina farmasi, badan POM dsb. Salah satu yang paling diminati adalah badan POM, ya ini lembaga pharmacist banget. Saya tidak akan banyak cerita tentang badan POM karena kamu tinggal buka websitenya saja. Saya akan lebih banyak cerita tentang Balai Besar POM di Bandung, yaitu “kepanjangan tangan” badan POM di tingkat propinsi Jawa Barat. Karena selain memang tidak banyak referensi yang menyebutkannya, saya pun pernah 3  minggu PKPA disana (tepatnya di bidang pangan) sehingga tahu secara langsung.

Lembaga pemerintah yang satu ini berada di Jl. Pasteur No. 25 Bandung . Berikut beberapa hal yang saya kira penting untuk disampaikan.

  1. Kegiatan : Secara umum tugas balai besar POM dibagi 3, yaitu sertifikasi produk dan pelayanan masyarakat (konsumen), pemeriksaan dan penyidikan, serta pengujian. Karena itu di BBPOM bandung ini mempunyai 5 bidang utama, yaitu bidang Serlik (sertifikasi dan layanan informasi konsumen) tugasnya melayani perusahaan atau perorangan yang ingin mendapatkan sertifikasi produk serta masyarakat umum yang ingin berkonsultasi maupun ingin mendapatkan layanan-layanan yang bisa dilakukan balai, mirip seperti humas mungkin. Bidang kedua adalah bidang Pemdik (pemeriksaan dan penyidikan). Pemeriksaan adalah untuk kasus yang belum diketahui benar tidaknya sedangkan penyidikan untuk kasus yang telah diketahui, dilakukan penyidikan untuk mendapat informasi tambahan, jadi kerjanya sering keluar kantor, sidak ke apotek, PBF, industri, toko kosmetik dsb, melayani juga pemeriksaan untuk kasus-kasus yang dilaporkan konsumen, misal mahasiswa keracunan cireng di depan kampus (*ga banget contohnya). Bidang berikutnya adalah bidang teranokoko (terapeutik, narkotik-psikotropik, abat tradisional, kosmetik dan komplemen makanan) panjang ya? maaf bila ada yang salah tulis. Kerjaanya ternyata sesuai dengan namanya, banyak banget. Ya setiap hari menguji sampel-sampel teranokoko itu. Kamu akan semakin jago AAS, spektro UV, HPLC, titrasi dan berbagai sarana analisis lain disana. Bidang berikutnya adalah bidang pangan dan bahan berbahaya, pekerjaannya sama dengan teranokoko, melakukan Uji di lab, hanya saja sampel lebih sedikit, biasanya bulan januari nganggur karena sampel tahun lalu sudah habis sedangkan tahun sekarang belum turun dana untuk beli sampel. Eh iya, biasanya sampel di bidang pengujian itu berlebih, jadi kamu bisa bawa pulang lipstik, bedak, atau makanan-makanan yang mau expired. Bidang terakhir adalah bidang Mikrobiologi, bidang ini menguji semua sampel baik dari pangan maupun teranokoko, hanya saja fokus di bagian uji mikrobiologinya. Kerjaanya juga banyak.
  2. Keorganisasian : Badan POM adalah lembaga negara non departemen, jadi tidak dibawah menteri siapapun. Pertanggungjawaban langsung ke presiden, namun dalam pelaksanaannya dikoordinasikan oleh menteri kesehatan. Balai Besar POM di Bandung sendiri merupakan kepanjangan tangan dari Badan POM di tingkat propinsi Jawa Barat, bahkan ada yang tidak cuma melingkupi satu propinsi,bisa dua atau tiga.  Organisasi BBPOM dipimpin oleh kepala balai besar POM, di bawahnya ada 5 kepala bidang seperti diatas ada juga sub bagian tata usaha dan kelompok jabatan fungsional. Di bawah kepala bidang ada yang disebut seksi ada yang disebut penyelia. Seksi ada 4 yaitu sertifikasi, LIK, pemeriksaan dan penyidikan. Sedangkan penyelia ada di bidang pengujian, penyelia inilah yang membagi sampel kepada analis.
  3. Kepegawaian, dulu BBPOM menerima analis dari SMK namun sekarang minimal D3. Kepegawaian seperti PNS pada umumnya, terdapat golongan-golongan yang dibagi berdasarkan tingkat pendidikan dan masa pengabdian. Selain itu ada juga jabatan fungsional. Sekedar informasi, kepala bidang di balai besar itu setara dengan eselon 3 sedangkan kepala Balai besarnya setara eselon 2. Rekrutmen pegawai mirip dengan perusahaan, tidak seperti PNS pada umumnya yang cukup dengan tes tertulis, di BPOM ada juga tes wawancara sehingga soft skill juga dipertimbangkan. Untuk saat ini pendaftaran dilakukan secara online namun karena adanya moratorium, rekrutmen baru dibuka lagi tahun 2013. Bahkan ada program beasiswa tugas belajar, jadi kamu bisa S2 atau S3 gratis dan masih dibayar sama BPOM. Bagi yang tidak dapat beasiswa pun masih diperbolehkan lanjut kuliah di hari libur.
  4. Lingkungan, lingkungan cukup menyenangkan, pegawai Badan POM yang sebagian wanita membuat kondisi soft saja, tidak ada persaingan dsb. Kekeluargaannya terasa, sering bercanda juga di sela-sela kerja. Sering ada juga training atau rekreasi keluar kota. Ada juga masjid di lembaga tetangga (dinkes) yang biasa untuk sholat jamaah, di tiap bidang juga terdapat mushola.
  5. Gaji & renumerasi, untuk hal ini menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Gaji akan sesuai dengan golongan dan dengan adanya remunerasi, tingkat kesulitan dan waktu kerja juga akan diperhitungkan. karena Apoteker sudah langsung jadi golongan IIIB maka gaji pokoknya sudah 2,xx juta, belum lagi adanya tunjangan-tunjangan dan renumerasi. kesejahteraan PNS saat ini sudah cukup baik dibanding dulu.

Ya begitu sedikit yang saya tahu, any question? ^^

Ayok, semua sektor, baik privat, publik maupun third sector membutuhkan orang-orang berkompeten dan kerintegritas, semuanya penting untuk dimasuki.

About these ads

5 responses to “Balai Besar POM di Bandung

  1. mksh infonyaa…kl ngajuin lamaran dg inisiatif sendiri dan tanpa harus nunggu ada bukaan lowongan dari BPOM bisa gag yaa??hhhmmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s